Cara Membuat Artikel / Makalah / Skripsi yang Lolos Plagiarisme 100%

Cara Mendeteksi Plagiarisme – Tak ada satupun Makalah ataupun Skripsi yang Murni 100% hasil buatan sendiri, karena pada saat ini, kebanyakan orang yang memiliki ilmu atau pengetahuan tertentu tentunya masih butuh sumber lain yang bisa dijadikan Patokan tentang kebenaran ilmu atau pengetahuan yang dimilikinya tersebut. Terutama apabila ilmu atau pengetahuannya tersebut ingin dijadikan sebuah makalah ataupun skripsi. Bagi mahasiswa, hal ini tentulah sangat penting. Begitupun untuk saya sendiri sebagai penulis yang saat ini sedang berada di Bangku Perkuliahan semester 2. Saya diingatkan oleh Dosen saya bahwa saat ini, perguruan tinggi negeri telah memiliki sistem yang bisa mendeteksi apabila Mahasiswanya mengcopy secara mentah Isi tugas makalah atau skripsinya dari Website atau situs tertentu.

Bagi penulis sendiri yang sudah bergelut di dunia blogging selama 2 Tahun lebih, hal ini menurut saya adalah hal yang biasa saja. Bahkan sistem / tools pendeteksi plagiarisme tersebut sudah ada sejak lama, biasanya para Blogger menggunakan tools tersebut untuk membuat sebuah artikel atau postingan dengan metode ReWrite atau Menulis ulang. Para blogger biasanya mencari ide terlebih dahulu apa tema artikel yang akan dibuat, dan apabila sudah ada, Blogger tersebut akan mencari konten yang berkaitan dengan Tema yang telah dia inginkan tadi. Apabila sudah menemukan halaman atau artikel di website lain yang satu tema dengan apa yang ingin dia posting saat itu dan dia anggap itu bagus, maka blogger tersebut akan mengcopy secara mentah isi artikel yang ia temukan tadi untuk di post pada Blog Pribadinya.

Blogger tersebut tentunya tidak mempaste secara mentah artikel yang telah dicopy barusan, artikel tersebut akan dia cek terlebih dahulu menggunakan Tools Plagiarisme yang biasa ia gunakan dan apabila terdeteksi plagiarisme maka Blogger tersebut akan mengeditnya menggunakan bahasanya sendiri tanpa merubah maksud dan tujuan postingan tersebut sampai Artikel tersebut lolos 100% Unik tanpa terdeteksi plagiarisme.

Lalu, Bagaimana caranya dan Tools apa saja yang bisa digunakan oleh Sobat khususnya mahasiswa agar Makalah / Skripsinya bisa lolos Plagiarisme 100%?

Tools / Aplikasi Online Terbaik untuk Pendeteksi Plagiarisme (Plagiarism Checker)

Di bawah ini saya berikan beberapa Website atau Aplikasi yang bisa digunakan untuk Mendeteksi Plagiarisme secara Online. Beberapa aplikasi atau tools pada website ini pada dasarnya Gratis namun biasanya kita diharuskan membayar apabila ingin mendapatkan fitur yang paling lengkap.

1. Plagiarisma.Net

2. PlagScan.Com

3. QueText.Com

4. PlagiarismSoftware.Net

5. PlagiarismCheckerx.Com

6. SmallSeoTools.Com

Dari sekian banyaknya Tools atau Website Plagiarism Checker di atas, yang paling sering saya gunakan adalah Small SEO Tools. Meskipun limit yang diberikan hanya 1000 kata, Tools ini bisa kita gunakan berkali-kali sehingga apabila limit 1000 kata masih kurang, kita bisa menscan sisa kata yang belum terscan sehingga bisa terdeteksi plagiarisme nya.

7. CopyScape

Berbeda dengan Tools yang ada pada website di atas, CopyScape disukai oleh banyak kalangan Blogger. Jika di atas kita hanya bisa menscan dengan menggunakan isi Makalah atau Kata yang kita ingin scan. Copy Scape memberikan kita pilihan untuk menscan Laman berupa Link atau URL Website. Tools ini sangat berguna untuk para blogger untuk melakukan pengecekan pada setiap isi Postingan yang ada pada websitenya dengan cara mengcopy URL Postingan websitenya lalu dicek pada CopyScape.

Cara Membuat Makalah / Skripsi yang Lolos Plagiarisme 100%

Berhubung postingan ini saya tujukan untuk para Mahasiswa Seperjuangan, Sebagai contoh saat ini saya akan coba membuat sebuah Makalah yang diambil dari google dan akan saya rubah dari yang sebelumnya terdeteksi plagiarisme menjadi lolos plagiarisme 100% (Unik).

Tools yang akan saya gunakan adalah SmallSeoTools, silahkan perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk mencobanya.

  1. Pertama, pastinya buka dulu SmallSeoTools.
    Jika sudah, silahkan Paste Makalahnya pada kolom yang disediakan. Jika ingin Scan menggunakan Dokumen / File yang sudah jadi silahkan upload filenya. Pilih salah satu saja ya, isi Kolom atau menggunakan File dokumen yang sudah jadi.
  2. Sebagai contoh saya akan menggunakan metode isi kolom dengan cara paste makalah yang sudah kita copy dari sumber yang kita ambil dan paste pada kolom di atas.Check Plagiarism
    Jika sudah silahkan Scroll ke bawah sedikit dan klik tombol Check Plagiarism seperti yang sudah saya tandai di atas.
  3. Seteleh mengklik tombol tersebut maka akan muncul hasil Scannya seperti di bawah ini.Terdeteksi Plagiarisme
    Hasilnya ternyata Makalah yang saya buat hanya lolos 14% Unik sehingga 86% dari makalah tersebut terdeteksi Plagiarisme. Kalimat yang bertuliskan “Plagiarized” yang saya beri kotak warna merah adalah Kalimat yang harus kita ubah agar bisa lolos dari plagiarisme. Tapi sebelum menggantinya, kita cek terlebih dahulu apakah benar kata tersebut benar-benar ada pada website orang lain di google sehingga terkena plagiarsme? Cara cek kebenarannya dalah dengan cara klik tulisan “Compare” pada Setiap kalimat yang bertuliskan Plagiarized tersebut. Contohnya seperti di bawah ini. Saya akan klik Compare pada baris pertama yang bertuliskan “Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT…………”. Dan hasilnya sebagai berikut :
    Plagiarism CheckerDari gambar di atas kita akhirnya tau bahwa kata-kata yang kita gunakan ternyata ada pada website orang lain sehingga menyebabkan makalah yang kita buat terdeteksi Plagiarisme. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Yuk lirik langkah ke Empat.
  4. Tools di atas bekerja dengan cara cek setiap paragraf atau kalimat yang ada pada Makalah/Skripsi yang kita Scan tadi. Sehingga yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mengubahnya menjadi Unik agar tidak terdeteksi Plagiarisme. Cara yang sering saya gunakan adalah menulis ulang dengan menggunakan bahasa sendiri, atau bisa juga dengan cara menambah suku kata namun dengan syarat tidak mengubah maksud dan tujuan kalimat tersebut sehingga masih enak dibaca oleh siapapun. Sebagai contoh, saya akan mengubah kalimat di bawah ini karena terdeteksi plagiarisme.
    “Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini.”
    Dan akan saya ubah menjadi seperti di bawah ini:
    “Saya ucapkan Puji dan Syukur atas kehadirat Allah SWT, karena hanya dengan rahmat dan karunia-Nya lah saya diberi kesempatan untuk dapat mengerjakan makalah ini.”
  5. Hasil dari percobaan di Langkah ke 4 adalah sebagai berikut.Makalah Unik lolos plagiarismeKalimat yang sebelumnya terdeteksi Plagiarisme kini sudah menjadi Unik karena telah saya ubah pada langkah ke empat tadi. Persentasi Plagiarismenya pun berkurang menjadi83% dari yang semulanya 86%.
  6. Lalu bagaimana caranya agar mendapat 100% Unik lolos dari Plagiarisme? Caranya tentu sobat harus mengedit setiap kalimat yang terdeteksi plagiarisme seperti di atas menggunakan bahasa sendiri atau menambah sepatah atau dua patah kata pada setiap kalimat tersebut lalu jangan bosan untuk cek ulang Plagiarismenya sampai lolos 100% unik.

Saya kira hanya itu yang bisa saya sampaikan saat ini mengenai Cara Membuat Makalah / Skripsi yang Lolos Plagiarisme 100%. Saya tidak tahu pasti sistem yang digunakan oleh Perguruan Tinggi Negeri saat ini untuk cek Plagiarisme pada tugas Makalah atau Skripsi para mahasiswanya. Namun apabila Para Perguruan Tinggi Negeri menggunakan metode Plagiarisme dengan cara mencocokannya dengan hasil penelusuran di search engine, saya kira tools di atas pun fungsinya sama seperti demikian. Sehingga tidak ada salahnya untuk kita manfaatkan selagi gratis. Semoga bermanfaat. Salam Mahasiswa!

Incoming Search : cara lolos uji plagiasi,persentase plagiarisme,contoh plagiarisme dalam karya ilmiah,cara menghindari plagiarisme pdf,cara mendeteksi plagiarisme,cek plagiarisme indonesia online gratis,definisi plagiarisme,agar lolos uji turnitin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.